Pelatihan Kader Posyandu

11 – 13 Juli 2024

Pelatihan kader posyandu 25 Keterampilan Dasar
Yayasan Nurani Luhur Masyarakat melalui Project Creation bekerja sama dengan Puskesmas Pantai Labu melakukan pelatihan 25 keterampilan dasar untuk kader posyandu Desa Bagan Serdang, Desa Rantau Panjang dan Desa kelambir.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Juli 2024 di aula puskesmas Pantai Labu. Hadir pada kegiatan ini fungsional perencana Bappedalitbang Milawati Sembiring, SE, Kabid Pelayanan Sosial Dasar, ibu Siti Halimatusa`diah Tarihoran, S.AP,MSP, Kasi Kecamatan Pantai Labu ibu Pirmauli Silaen, S.Si.T., M.Kes, memberikan arahan serta motivasi agar setiap kader posyandu bekerja bersama dengan pemerintah dalam menyediakan akses kesehatan untuk semua siklus kehidupan mulai dari ibu hamil, bersalin dan nifas, bayi, balita, anak prasekolah, usia sekolah dan remaja, usia produktif, dan lansia.

Pembukaan acara oleh perwakilan Puskesmas Pantai Labu Ibu Intan Agustina br Sinaga S Kep. Ners, menyatakan semangat dalam melakukan kerjasama dengan semua pihak untuk meningkatkan pengetahuan kader posyandu khususnya menuju layanan posyandu yang terintegrasi.

Selama tiga hari semua peserta yang terdiri dari ibu PKK Desa Rantau Panjang, dan Kader Posyandu tiga desa dampingan YNLM mendapatkan pengetahuan dari team narasumber Puskesmas Pantai Labu dengan topik-topik diantaranya keterampilan pengelolaan posyandu, keterampilan bayi dan balita, keterampilan ibu hamil dan menyusui, keterampilan usia sekolah dan remaja, keterampilan usia produktif dan lansia serta belajar mempraktikkan pengisian buku bantu, dan form kunjungan rumah.

Melalui keterampilan ini selanjutnya kader posyandu sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan di desa dapat mengimplementasikan pengetahuan dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik sehingga status kesehatan semakin meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.