Pertemuan dan Monitoring Evaluasi TPKJM

Pertemuan dan Monitoring Evaluasi TPKJM

5 Juni 2024

Dinas Kesehatan Kota Medan berokolaborasi bersama Yayasan Nurani Luhur Masyarakat (YNLM) menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi bersama tim pelaksana kesehatan jiwa masyarakat (TPKJM) untuk membahas penanganan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) terlantar.

Pertemuan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan kelurahan siaga sehat jiwa. Pertemuan ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan mengagendakan penyusunan draf penanganan pasien ODGJ terlantar.

Adapun OPD yang mengikuti pertemuan ini adalah Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan, Bappeda Kota Medan, BPJS Kota Medan, Disdukcapil Kota Medan, Kecamatan Medan Helvetia, RSJ Prof Dr M Ildrem, RSUD Dr Pringadi, Forwakes Kota Medan, Puskesmas Helvetia, KKJM Helvetia tengah, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Koramil 06/MS dan Trantib Kecamatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Medan, Dr. Pocut Fatimah Fitri, MARS menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak untuk mencapai tujuan ini. Ia menyampaikan bahwa unsur kesehatan jiwa, kesehatan fisik, dan kesejahteraan sosial adalah tiga elemen yang harus terpenuhi untuk mewujudkan kesehatan yang paripurna. Dokter Pocut menjelaskan bahwa tantangan utama dalam penanganan ODGJ adalah integrasi layanan kesehatan dengan layanan sosial. Ia menekankan bahwa pendekatan yang hanya berfokus pada satu sektor tidak akan efektif. “Kita memerlukan layanan yang komprehensif dan responsif, melibatkan sektor kesehatan dan sosial secara bersamaan,” tegas dokter Pocut.
“ODGJ tidak hanya membutuhkan perawatan medis tetapi juga dukungan sosial dari keluarga dan masyarakat.” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.