KIAM

Home / Kerja Kami / KIAM

Pada Tahun 2022, YNLM menyelesaikan program yang di dukung oleh NORAD (Norwegian Agency for Development Cooperation) yang berlangsung selama lima tahun di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Pertengahan tahun 2023 YNLM menggunakan pengalaman dari proyek sebelumnya untuk memulai proyek baru. Tim YNLM melakukan penilaian cepat tujuannya adalah untuk mengumpulkan data yang cukup untuk melaksanakan proyek baru di Kota Mataram.

Informasi mengenai Kesehatan Ibu dan Anak dikumpulkan dengan menggunakan metode kuantitatif sedangkan kajiannya dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif.

YNLM menerapkan pendekatan Participatory Rural Appraisal dengan metode pengumpulan data Focus Group Discuccion (FGD) kepada Kelompok Ibu Hamil, Ibu Balita, Ayah Balita, Kader Posyandu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Kelompok Masyarakat tentang Kesehatan Ibu dan Anak, kalender musim, kegiatan sehari – hari, diagram venn, kajian mata pencaharian, dan sejarah Kelurahan.

Kesehatan Ibu dan Anak Mataram (KIAM) merupakan proyek pengembangan Masyarakat yang di implementasikan di dua Kelurahan yaitu Ampenan Tengah (Lingkungan Sukaraja Timur, Sukaraja Perluasan,  Melayu Bangsal) dan Monjok (Lingkungan Kebon Jaya Timur, Monjok Culik I, dan Monjok Culik II) Kota Mataram.

Tujuan utama dari Project KIAM adalah untuk meningkatkan status gizi anak melalui Posyandu, Edukasi tentang tumbuh kembang anak kepada kelompok orang tua secara khusus dan komunitas di Posyandu secara umum, dan peningkatan level Posyandu menjadi lebih baik di Kelurahan Ampenan Tengah dan Kelurahan Monjok di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).