Kegiatan Curhat Bareng Psikiater

8 Juni 2024

Kegiatan Curhat bareng Psikiater dengan tema tentang perawatan medis dan penggunaan obat untuk Gangguan Jiwa Berat (ODGJ) mengajarkan bahwa betapa pentingnya pendekatan yang holistik dalam pemulihan kesehatan mental.

Dalam pertemuan ini mengupas tuntas tidak hanya tentang manfaat dan risiko dari obat-obatan yang diresepkan, tetapi juga tentang bagaimana merawat diri secara menyeluruh.

“Pengobatan tidak mudah, efeknya bermingu – minggu. Bisa saja dia makin parah karena dia tidak menerima. Jadi ada 2 terapi yaitu terapi fisioterapi dan terapi psikoterapi (salah satunya dari terapi agama)” kata dr Ricky. Jadi pertemuan ini juga mengingatkan kita akan pentingnya tidak menganggap remeh perawatan mental dan bahwa mencari bantuan dari para profesional juga diperlukan.

Dalam sesi ini, bukan hanya tentang penyesuaian dosis obat, tetapi juga tentang pentingnya terapi berbicara dan teknik-teknik lainnya yang mendukung pemulihan saya secara menyeluruh. Harapannya mendengar perspektif medis yang terinformasi bisa membantu caregiver dalam mendampingi klien.

“Ada 3 pihak yang terlibat keluarga / lingkungan, klien dan tim medis” tambah dr Ricky

Leave a Reply

Your email address will not be published.