Workshop Perencanaan Kegiatan Kesehatan Jiwa

Workshop Perencanaan Kegiatan Kesehatan Jiwa

Workshop Perencanaan Kegiatan Kesehatan Jiwa dengan Metode Appreciative Inquiry (AI) dilakukan pada tanggal 7 Maret 2024 di Hotel Griya.

Metode ini digunakan untuk membuat perencanaan dengan penekananan pada pendekatan yang memusatkan pada mimpi bersama dengan menghargai penghargaan positif pada faktor internal dan eksternal yang telah tercapai, memusatkan pada kelebihan dan fokus pada hal – hal yang berjalan dengan baik daripada hal – hal buruk yang terjadi. Adapun tujuan dari kegiatan Workshop ini yaitu:

1. Untuk Membuat perencanaan kegiatan kesehatan jiwa ditahun 2024
2. Membangun kolaborasi dan koordinasi yang berkelanjutan bersama kader kesehatan jiwa masyarakat, Pengurus SHG, Kube Karya  Sejati,Kelurahan Helvetia Tengah dan Puskesmas Helvetia
3. Untuk membuat rencana tindak lanjut kegiatan kesehatan jiwa masyarakatSelama pemaparan materi, klien, kader ataupun caregiver aktif dalam bertanya.

Kegiatan workshop ini dihadiri oleh Lurah Helvetia Tengah, Kader Keswa Helvetia Tengah, Pengurus SHG & KUBE serta Puskesmas Helvetia. Materi workshop ini di fasilitasi oleh Bapak Jesmon Barutu (Manager YNLM). Selama pemaparan materi, klien, kader ataupun caregiver aktif dalam bertanya. Setelah pemaparan materi dilakukan, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan hal positif apa saja yang sudah terjadi di dalam beberapa kegiatan yang sudah berjalan. Sebelum masuk ke diskusi besar, kelompok diajak untuk bermain games yang bisa melatih kerjasama tim. Di dalam kelompok tim MHP menjadi co facilitator. Setelah hasil diskusi dalam kelompok, kemudian dibuat di dalam gambar pohon besar yang mencakup sumber daya yang dimiliki dan harapan yang di inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.